Pengertian
Komputer, Sistem Komputer dan Komponen Komputer
Pada posting yang pertama ini dengan judul pengertian
sistem komputer, mengapa demikian soalnya pada waktu saya sekolah SMK dulu
pernah diajari tentang sistem komputer, maka dari itu pada posting kali ini
saya akan sharing pengetahuan saya tentang pengertian sistem komputer yang di
peroleh pada waktu sekolah dulu, tapi di tambahkan dari browsing di google. Ok
langsung saja.
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa
Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang
berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri.
Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait
untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak (software),
set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen
yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).
Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada
manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak
ada softwarenya. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, "bus".
Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3,
yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
a. Processing Device
b. Input Device
c. Output Device
d. Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
a. Operating System
b. Application Program
c. Language Program
3. Brainware ( Orang Yang
MengoperasikanKomputer )
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh
secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat
keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan
perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi.
Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah
tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin
tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang
didapatkan olehnya.
Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk
memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi
menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan
berkomunikasidengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
Alat-alatnya adalah :
1. Keyboard
2. Pointing Device
3. Mouse
4. Touch screen
5. Digitizer Grapich Tablet
6. Scanner
7. Microphone
Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang
erfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran
dapat berupa hard-copy (ke ertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa
suara. latnya antara lain adalah :
1. Monitor
2. Printer
3. Speaker
Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat
enyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan
berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal Storage
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :
RAM ( Random Access Memory ) Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
Input Storage Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
Program Storage Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
Working Storage Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
Output Storge Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :
PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
a. Floppy Disk
b. Hard Disk
c. CD Room
d. DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :
1. Linux
2. Windows
3. Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
pembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.Contoh :
1. Microsoft Word
2. Microsoft Excel
3. CorelDraw X4
4. Dll
Language Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
1. Visual basic
2. Turbo pascal
3. Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :
RAM ( Random Access Memory ) Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
Input Storage Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
Program Storage Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
Working Storage Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
Output Storge Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :
PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
a. Floppy Disk
b. Hard Disk
c. CD Room
d. DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :
1. Linux
2. Windows
3. Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
pembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.Contoh :
1. Microsoft Word
2. Microsoft Excel
3. CorelDraw X4
4. Dll
Language Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
1. Visual basic
2. Turbo pascal
3. Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya
menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute.
Secara definisi komputer diterjemahkan
sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat
menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output)
serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut
:
1. Input Device, adalah
perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke
dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer
yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
- Control Unit (CU), merupakan komponen utama
prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer,
mulai dari input device sampai output device.
- Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan
bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah,
mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.
Memori terbagi atas dua macam,
yaitu ;
- Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa
dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik
pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan.
Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang
ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari
disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem
dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang
meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah
mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
· PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program
kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat
lagi diprogram.
· RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi
PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang
diinginkan.
· EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita
hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar
ultraviolet.
· EEPROM (Electrically Erasable
Program ROM), perkembangan
mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan
menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak
digunakan saat ini.
- Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan
bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi
untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on)
jika komputer kita matikan, makaseluruh data yang tersimpan dalam RAM akan
hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer.
Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan,
maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk,
flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.
4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk
menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor
(softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter,
monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan
bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat
input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita
inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau
disk. Data yang
disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat
dipisahkan, yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari
komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
- Input/Output Device (I/O Device) Terdiri
dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
- Storage Device (perangkat
penyimpanan) Merupakan
media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
- Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk
menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh
prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
- Casing Unit adalah tempat dari semua
peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan
Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System
Unit.
- Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian
komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis
komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer,
ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor
komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan
semakin mahal.
2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk
menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut
ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri
dari beberapa jenis, yaitu ;
- Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux,
Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan
seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya
dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi
maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
- Program Utility, seperti Norton Utility,
Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau
mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat
melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan
keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah
dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu
hal ini dapat dilakukan.
- Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll
dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu,
seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya
digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen
yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer
komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/
perusahaan guna keperluan interennya.
- Program Paket, seperti Microsofr office,
Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang
disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan
berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan
untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran
dan lain sebagainya.
- Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual
Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program
komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa
Pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
o Low Level Language, bahasa pemrograman
generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena
instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah
pembuatnya saja.
o Midle Level Language, merupakan bahasa
pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa
sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak
menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari
STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam
bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
o High Level Language, merupakan bahasa tingkat
tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa
sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
3. Brainware (User),
User adalah personel-personel yang terlibat langsung
dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user,
dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani
oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing),
atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager
EDP
Pengertian Sistem Operasi Komputer - Apa Itu Sistem Komputer
Apa Itu Sistem Operasi Komputer, dalam postingan ini saya
akan berbagi tentang Pengertian Sistem Operasi Komputer, Sebuah sistem
operasi merupakan program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna
(user) komputer dengan hardware (perangkat keras) komputer. Tujuan dari
sistem operasi adalah untuk menyediakan lingkungan dimana user dapat
mengeksekusi program yang diinginkan dengan efisien.
Sebuah
sistem operasi sama halnya dengan sebuah pemerintahan. Komponen-komponen
seperti hardware, software, dan data. Sistem operasi menyediakan
kemudahan untuk menggunakan berbagai sumberdaya dalam sebuah operasi.
Sama halnya dengan sebuah pemerintahan, sistem operasi tidak bekerja
sendirian. Sistem operasi harus menyediakan sebuah lingkungan yang
didalamnya terdapat berbagai program untuk menyelesaikan berbagai
pekerjaan.
Sistem
operasi dapat dipandang sebagai pengontrol sumberdaya yang ada. Sebuah
sistem komputer memiliki berbagai sumberdaya (hardware dan software) yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah: CPU time, ruang memori, ruang
penyimpanan file, perangkat I/O (input/output), dan lain sebagainya. Sistem
operasi bertindak sebagai manajer bagi semua sumberdaya ini dan
mengalokasikannya pada program dan user tertentu untuk melakukan berbagai tugas
(task). Dengan demikian ada
peluang terjadinya konflik permintaan sumberdaya, sistem operasi harus mengambil
keputusan, request(permintaan)
sumberdaya mana yang harus dilayani untuk menjaga efisiensi operasi komputer.
Pandangan
lain terhadap sebuah sistem operasi terfokus pada kebutuhan pengendalian (control) program. Control program mengendalikan
eksekusi program user untuk mencegah error dan penggunaan yang tidak efisien,
khususnya pengoperasian dan pengendalian perangkat I/O.
Tujuan
utama sebuah sistem operasi adalah untuk kenyamanan user. Sistem operasi ada
untuk lebih memudahkan user mengoperasikan komputer dibanding tanpa sistem
operasi. Tujuan lainnya adalah untuk mengefisienkan operasi sistem
komputer.
Sistem
Komputer adalah sistem yang dibangun dan dijalankan dengan menggunakan komputer
sebagai alat bantunya. Elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu
kesatuan untuk melaksanakan pengolahan data untuk menghasilkan informasi dengan
menggunakan perangkat komputer. Elemen-elemen yang saling berhubungan tersebut
adalah:
Komputer
sendiri merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan
sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan
hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin
berkembang dan
masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau
harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi
agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu saya
mencoba membahasnya dalam bentuk paper dengan harapan dapat berguna bagi orang lain
khususnya bagi kami.
Banyak sekali
pembahasan tentang komputer, tapi saya mencoba menulis
paper dengan judul
Pengertian Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya
saja
Sistem
awalnya adalah dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah
suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering
dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana
suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Teteapi bisa juga
di artikan sekumpulan obyek yang tergabung dalam suatu interaksi dan
inter-dependensi yang teratur. Sistem dibedakan menjadi
dua tipe yaitu
sistem diskrit dan sistem kontinu.
Sedangkan
pengertian sistem menurut sejumlah para ahli adalah :
1. L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
2. John Mc Manama
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
3. C.W. Churchman.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
4. J.C. Hinggins
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
5. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.
6. Jerry FithGerald
Menurutnya sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
1. L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
2. John Mc Manama
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
3. C.W. Churchman.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
4. J.C. Hinggins
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.
5. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.
6. Jerry FithGerald
Menurutnya sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang
saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau
menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Sistem
juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam
suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak tertentu, contoh umum misalnya
seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan
lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara
dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara
tersebut.
Kata
sistem banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum
diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada
banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang
paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di
antara mereka.
Sistem memiliki
beberapa komonen-komponen Komponen system diantarannya :
• Entitas – objek
yang sedang diamati dari sistem
• Atribut –
identitas dari entitas
• Aktivitas –
suatu masa yang mewakili proses suatu entitas
• Status –
kumpulan variabel yg dibutuhkan untuk
menggambarkan
sistem
• Kejadian –
Kejadian yg mengubah status system
Komputer
adalah suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan sebelumnya. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan
orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Atau
secara umum, komputer adalah
piranti elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen yang terintegrasi yang
bekerja dan melaksanakan suatu tugas berdasarkan data matematika dan logika.
Komponen dan bagian-bagian utama dari komputer meliputi keyboard untuk memasukkan
perintah, monitor untuk melihat proses hasil tugas, dan CPU atau central
processing unit sebagai otak yang mengkoordinasikan berbagai instruksi dan
hasil kerja.
Istilah
komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer
(computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon).
Menurut
beberapa para ahli, komputer adalah :
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah
suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima
input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan
perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam
bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi
ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada
intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari
definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan
data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer
dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data
processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu
kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau
gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu
diolah lebih lanjut.
Selain
itu juga ada beberapa bagian lainnya dari komputer yang berfungsi sebagai
pendukung dan pelengkap, seperti mouse dan printer. Mouse berfungsi untuk
mempermudah proses mengerjakan perintah melalui cursor atau pointer yang dapat
digerakkan dan meloncat, sedangkan printer digunakan untuk mencetak hasil
pekerjaan komputer melalui kertas.
Beberapa
sejarah singkat tentang komputer adalah sebagai berikut.
Generasi Pertama
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali.
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun
1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer
serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode
rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Pada pertengahan
1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of
Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun
mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic
Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah
memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan
komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya
kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral
(CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang
dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi Kedua
Pada
tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.
Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya,
ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk
menggantikan kode biner.
Pada
awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Generasi Ketiga
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah
penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program
utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Generasi Keempat
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer
kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam
suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Dari
dua definisi diatas maka dapat di definisikan Sistem komputer adalah suatu
jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang
melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan
perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu
dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu
aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer
dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti:
pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Tujuan
pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi
sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras
(hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Atau
sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu
aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras (hardware). Perangkat keras adalah peralatan komputer
itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk
melakukan proses tertentu, brainware adalah manusia yang terlibat di dalam
mengoperasikan serta mengatur sistem komputer, dan set instruksi adalah
perintah.
Elemen
dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu
sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah
satu dari dua lainnya (software dan brainware).
Ketiga
elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu
kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa,
hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat
berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Dengan
demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem
komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu
dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan
menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah
apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
System komputer
erat dikaitkan dengan hardware saja, padahal system komputer juga mempelajari
tentang pemrograman meskipun sedikit.
Pada
awalnya semua operasi pada sebuah sistem komputer ditangani oleh hanya seorang
pengguna. Sehingga semua pengaturan terhadap perangkat keras maupun perangkat
lunak dilakukan oleh pengguna tersebut. Namun seiring dengan berkembangnya
Sistem Operasi pada sebuah sistem komputer, pengaturan ini pun diserahkan
kepada Sistem Operasi tersebut. Segala macam manajemen sumber daya diatur oleh
Sistem Operasi.
Pengaturan
perangkat keras dan perangkat lunak ini berkaitan erat dengan proteksi dari
perangkat keras maupun perangkat lunak itu sendiri. Sehingga, apabila dahulu
segala macam proteksi terhadap perangkat keras dan perangkat lunak agar sistem
dapat berjalan stabil dilakukan langsung oleh pengguna maka sekarang Sistem
Operasi-lah yang banyak bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Sistem Operasi
harus dapat mengatur penggunaan segala macam sumber daya perangkat keras yang
dibutuhkan oleh sistem agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Seiring dengan maraknya berbagi sumberdaya yang terjadi pada sebuah sistem,
maka Sistem Operasi harus dapat secara pintar mengatur mana yang harus
didahulukan. Hal ini dikarenakan, apabila pengaturan ini tidak dapat berjalan
lancar maka dapat dipastikan akan terjadi kegagalan proteksi perangkat keras.
Dengan
hadirnya multiprogramming yang memungkinkan adanya utilisasi beberapa program
di memori pada saat bersamaan, maka utilisasi dapat ditingkatkan dengan
penggunaan sumberdaya secara bersamaan tersebut, akan tetapi di sisi lain akan
menimbulkan masalah karena sebenarnya hanya ada satu program yang dapat
berjalan pada satuan waktu yang sama. Akan banyak proses yang terpengaruh hanya
akibat adanya gangguan pada satu program.
Sebagai
contoh saja apabila sebuah harddisk menjadi sebuah sumberdaya yang dibutuhkan
oleh berbagai macam program yang dijalankan, maka bisa-bisa terjadi kerusakan
harddisk akibat suhu yang terlalu panas akibat terjadinya sebuah situasi
kemacetan penggunaan sumber daya secara bersamaan akibat begitu banyak program
yang mengirimkan request akan penggunaan harddisk tersebut.
Di
sinilah proteksi perangkat keras berperan. Sistem Operasi yang baik harus
menyediakan proteksi yang maksimal, sehingga apabila ada satu program yang
tidak bekerja maka tidak akan menggangu kinerja Sistem Operasi tersebut maupun
program-program yang sedang berjalan lainnya.
Selain
itu, pada operasi system computer, Secara umum, sistem komputer terdiri atas
CPU dan sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang
menyediakan akses ke memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung
jawab atas sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi
secara konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini
dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah
memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada
sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks.
Untuk meningkatkan
performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus
merupakan jalur
data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU
(VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal
dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat
dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus
lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini
digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab
sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga
mempengaruhi
sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau
dikenal sebagai
bus master . Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu,
bus hanya berisi data dari satu buah device .
Pada prakteknya
bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer
dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan
menjalankan
bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan dalam ROM yang
berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) . Chip CMOS
modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only
Memory), yaitu memori non-volatile (tak terhapus jika power dimatikan) yang
dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa elektronik. Lalu bootsrap program ini
lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input Output System) . Bootstrap program
utama, yang biasanya terletak di Motherboard akan memeriksa hardware-hardware
utama dan melakukan inisialisasi terhadap program dalam hardware yang dikenal
dengan nama firmware . Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload
kernel sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem
operasi. Dari sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu.
Kejadian ini akan menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya
( event-driven ). Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan
munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini
disebut Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui
suatu signal tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara
menjalankan system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call .
System/Monitor call ini akan menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang
dihasilkan oleh software karena adanya masalah atau permintaan terhadap layanan
sistem operasi. Trap ini juga sering disebut sebagai exception . Setiap
interrupt terjadi, sekumpulan kode yang dikenal sebagai ISR (Interrupt Service
Routine) akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk menentukan tindakan
yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu polling yang
membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang ada untuk menyelidiki
sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamatalamat ISR yang disimpan
dalam array yang dikenal sebagai interrupt vector di
mana sistem akan
memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur
interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt .
Pada komputer lama, alamat ini disimpan di tempat tertentu yang tetap,
sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama dengan
informasi state saat itu.
Penutup
Sistem
Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankansuatu aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware),
perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat
keras (hardware). Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang
tidak bias terpisahkan yaitu :
1. Hardware (
Perangkat Keras )
• Processing
Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software (
Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application
Program
• Language Program
3. Brainware (
Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa
hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi.
Karena itu dalam
operasi sistem komputer untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan
untuk sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device
yang berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan
memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya
ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga
Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Selengkapnya di : http://feripribadi.blogspot.com/2012/12/pengertian-sistem-operasi-komputer.